The Best Translator

English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Rabu, 17 Juni 2009

HAFLATUL WADA SANTRI SENIOR ANGAKATAN XV/ALUMNI XVII



Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya Pondok Pesantren Hubulo selalu mengadakan acara Haflatul Wada’ (Perpisahan). Namun pada tahun ajaran 2008/2009 ini Hubulo mewisuda alumnus santri senior (kelas VI TMI) sebanyak enam orang santri. Lima santriwan dan satu santriwati. Enam santri yang baru saja diwisuda pada hari ini Kamis 14 Juni 2009 berasal dari beberapa daerah. Ada yang berasal dari Kota Gorontalo, Kab. Gorontalo, Kab. Boalemo dan Luwuk Sulawesi Tengah.

Acara dimulai dengan masuknya enam santri senior yang diringi musik untuk menyambut kehadiran mereka dalam ruangan. Lantunan ayat suci al-Qur’an yang dukumandangkan oleh santri kelas V TMI semakin menambah syahdu acara tersebut. Selanjutnya sambutan dari adik kelas yang sebagai ucapan selamat kepada kakak santri yang akan meninggalkan mereka turut mengisi keharuan acara tsb. Terlebih lagi ketika perwakilan santri senior menyampaikan kesan dan pesan selama belajar enam tahun di Hubulo yang ditujukan kepada adik-adik santri agar selalu mengambil pelajaran yang ada di Hubulo. Karena semua yang diajarkan di Hubulo adalah pelajaran yang dapat menjadikan para santrinya kelak bisa mandiri di mana pun bumi Allah dipijak. Kemandirian haruslah mulai ditanamkan sejak usia anak-anak agar ketika dewasa nanti segala cobaan hidup dapat dihadapi dengan penuh kesiapan. Pesan-pesan itu disampaikan dengan penuh rasa keharuan dalam acara Haflah Wada’ tsb.

Di pertengahan acara, penampilan dari adik-adik kelas sebagai persembahan dan kenang-kenangan untuk kakak kelas ikut memeriahkan dan menambah keceriaan acara tersebut. Penampilan berakhir yang dipersembahkan oleh adik-adik kelas satu putri memberikan pesan yang sangat berharga. Mereka membawakan lagu nasyid yang sudah tidak asing lagi dengan lirik berikut: “Allah adalah tujuan kami, Al-Qur’an tuntunan kami, Rasulullah taudaladan kami, Jihad fi sabilillah adalah tujuan kami tertinggi”.
Sebuah pesan yang sangat mendasar buat kakak kelas yang akan meninggalkan pesantren bahwa kita sebagai muslim harus selalu ingat adanya Dia yang Maha atas semua makhluknya. Segala aktifitas kita haruslah sesuai tuntunan Al-Qur’an dan ajaran rasulullah Muhammad sebagai suri tauladan ummat Muslim. Pada akhirnya berjuang di jalan Allah adalah tujuan dari semua keinginan kita. Amien.

Mudah-mudahan Haflah Wada’ tahun ini bisa membawa berkah dan kenangan yang sangat berharga untuk kakak kelas sebagai alumnus baru untuk bisa dan siap menghadapi tantangan hidup dan perjuangan ke depan yang lebih berat lagi di masyarakat. Selanjutnya untuk adik-adik santri yang masih menuntut ilmu di pondok agar selalu semangat dan bisa memanfaatkan waktunya untuk belajar lebih giat lagi dalam rangka merelisasikan cita-citanya di masa depan.

2 komentar:

  1. Selamat menempuh perjalanan selanjtnya kakak-kakakku..

    semoga Allah senantiasa memberi petunjuk dalam menghadapi kerasnya kehidupan ini..

    oiya..jangan lupa promosiin Hubulo di kampung halaman masing-masing ..wa LAa tansaa ilaynaa !

    BalasHapus
  2. alhamdulullah ya.... smuanya lulus .....
    moga-moga stelah blajar slama krng lbih 6 thn d pndk hblo trcinta nie ,,,,
    bza memdhkan kita dlm mnjlani kehidupan d luar sna....
    AMIEN.......

    BalasHapus