The Best Translator

English French German Spain Italian DutchRussian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Selasa, 23 Juni 2009

Review Perkemahan Pramuka Santri Nusantara II


Huft..Rasa lelah terlihat jelas dari raut wajah 10 santri Hubulo yang termasuk duta Provinsi Gorontalo di Pekemahan Pramuka Santri Nusantara 2009 di Bumi Perkemahan LET.JEN.TNI(purn)DR(HC) Mashudi Kiarapayung, Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat.Jelas aja mereka cape', selama 6 hari ikut kegiatan pasti nguras tenaga juga pikiran, betul g? Kalo begitu kita ulas kegiatan mereka dari tanah Hulondalo Lipu'u sampe balik lagi ke Hulondalo Lipu'u.

Sebelumnya mereka ini mengikuti training center di Kwarda Gorontalo selama 10 hari. Perlu temen-temen ketahui bahwasanya sambil TC mereka juga ikut ujian semester loh setelah semua kegiatan selesai (kira-kira jam 10-an malem). setelah itu mereka balik ke pondok beberapa hari untuk persiapan. Tanggal 15 pagi rombongan Kontingen Gorontalo yang terdiri dari 40 Peserta, Pinkonda, Bindamping juga beberapa Pembina dari Pondok masing-masing peserta mengikuti upacara pemberangkatan yang dipimpin langsung oleh Bapak Gubernur Fadel Muhammad.

Di hari pertama seluruh peserta PPSN mengikuti perade semaphore yang akhirnya pada Upacara Pembukaan PPSN memecahkan rekor MURI kategori parade semaphore terbanyak yang diikuti sekitar 5000 santri. Upacara PEmbukaan PPSN 2009 ini dibuka oleh Presiden SBY yang diikuti 5.937 peserta dari pesantren 33 provinsi se-Indonesia, Rabu 17 Juni.

Kegiatannya lumayan banyak, seperti Kesakaan, petualangan, Seni Budaya, Mental Spiritual, Pramuka PEduli , Tekhnik Kepramukaan , Jumpa artis dll . Ada juga stand pameran dari sponsor kegiatan maupun perwakilan masing-masing provinsi. Kalo soal penampilan Seni Budaya daerah, Provinsi Gorontalo menampilkan salah satu taria khas daerah yaitu saronde. 3 orang peserta putra Hubulo ikut nari loh. Eh disana mereka ketemu alumni atas nama Awal UI yang kuliah di UNPAD. Daerah bupernya naik turun jadi mo kemana-mana bisa nguras tenaga, apalagi udaranya dingin banget. Disana mereka dapat banyak temen dari pesantren lain. wah, seru ya !

Di hari terakhir Menteri Agama Maftuh Basyuni menutup PPSN 2009. Upacara Penutupan ini dimeriahkan dengan penampilan kontingen provinsi Papua yang mendapat peringkat 1 seni dan budaya. Selain itu ada beberapa penampilan lain khas daerah jawa barat. NAh, abis itu ada pengumuman juara per-kategori. Alhamdulillah Gorontalo dapet peringkat terbaik 3 kategori Bazar and Pameran. Di upacara ini banyak peserta yang saling kenalan, tukeran barang seperti bets daerah, tanda tangan di scraft atau kacu kegiatan, sampe minta nomor yang bisa dihubungi & email/fb.

Sebelum rombongan kembali ke gorontalo, mereka mampir di perwakilan Provinsi Gorontalo di Salemba. Setelah sampai mereka langsung bertolak ke Monas karna disana udah ditunggu sama Ikatan Kerukunan Keluarga Gorontalo (IKKG). IKKG memfasilitasi rombongan dengan masuk monas sampe puncaknya loh. Trus anak-anak Hubulo karna biasa pake bahasa resmi inggris arab di pondok jadi bisa ngajak sepasang turis asal Belanda ngobrol juga berfoto. Sebenarnya sih abis itu mereka mo pergi ke Ancol, tapi karna keliatannya peserta udah banyak yang tidur di bis ya udah deh langsung balik ke gedung Perwakilan Provinsi Gorontalo. Sebelm tidur rupanya mereka dikunjungi oleh 2 orang alumni yaitu k Bilawal n' k Tamsil. Mereka harus bangun jam 3 pagi lohkarna pesawat yang akan membawa mereka pulang take off jam 5.30.

Tanggal 21 pukul 14.00 waktu gorontalo akhirnya mereka tiba di Bandara Jalaludin. Keesokan harinya peserta diundang pada upacara penerimaan kontingen oleh Ka KAnwil Depag Salim Al-Jufri di Kanwil Depag. Ini merupakan pengalaman yang berarti bagi santri Hubulo. Semangat buat santri Hubulo, semoga bisa jadi penerus dan mengikuti jejak kakak-kakak mereka,amin.

1 komentar:

  1. assalamualaikum
    salam pramuka santri
    kita sama2 peserta kemah santri nusantara
    alangkah baiknya kita saling silaturahim
    mohon hubungi saya di nurdiansah.anj@gmail.com
    saya ingin mengenal teman2 santri semuanya lebih dekat....
    wasalamuallaikum wr.wb

    BalasHapus